Mengungkap Misteri Pantai Selatan

Masyarakat Jawa yang mengenal Nyi Roro Kidul sebagai penguasa pantai selatan

Salah satu keyakinan yang masih dipegang erat oleh masyarakat Indonesia dan tidak hilang ditempa arus moderenisasi adalah tentang Pantai Selatan. Pantai- pantai yang ada di selatan pulau Jawa selalu memiliki tempat di setiap hati orang Jawa karena suatu kepercayaan. Bahwa disepanjang pantai selatan pulau jawa terdapat penguasa dari bangsa selain manusia yang bertugas menjaga pantai tersebut yang selalu menelan korban jiwa disetiap waktunya.
            Tidak dapat dipungkiri bahwa pantai- pantai yang ada di selatan pulau Jawa adalah pantai- pantai yang memiliki pemandangan yang indah-indah. Terjajar dari sebelah selatan di Jawa Timur sampai dengan selatan Jawa Barat. Misalnya pantai Papuma di kabupaten Jember, pantai Baju Mati dan Goa Cina di Malang Selatan, pantai Sendang Biru, Karang Bolong, sampai ke Pelabuhan Ratu.
            Keperacayaan yang melekat pada masyarakat Jawa adalah kepercayaan tentang adanya Nyi Roro Kidul sebagai penguasa pantai selatan. Banyak versi yang beredar tentang asal- usul dari Nyi Roro Kidul ini. Namun hampir semuanya menyatakan hal yang sama bahwa putri kerajaan terkena penyakit kulit, menyeburkan diri ke laut selatan, menjadi penguasa laut selatan, dan mencari korban untuk tujuan membalas dendam. Kepercayaan inipun diperkuat karena banyaknya korban  tewas saat berenang di pantai selatan, khususnya di Pelabuhan Ratu.


Gambar Ilustrasi Pantai Selatan Oleh Wikipedia

            Berbagai upaya ilmiahpun di utarakan untuk dapat memecahkan hal mistis yang selalu menelan korban tersebut. Seperti misalnya teori yang mengatakan bahwa dikarenakan pantai selatan adalah pantai yang langsung berhadapan dengan laut lepas, maka bukan sebuah keanehan jika ombak dan arus balik dari laut terlalu besar dan kuat bagi orang yang berenang di pantai.
            Jika dilihat, banyaknya jatuh korban adalah pada saat korban berada di daerah yang landai berpasir daripada ketika berada di bagian pantai yang terjal berbatu. Hal ini dapat dipahami bahwa pada dasarnya lebih banyak orang yang akan berenang di pantai yang landai berpasir dibandingkan dengan bagian pantai yang terjal berbatu. Dan berlandaskan hal inilah, berdasarkan ilmu kebumian atau geologi, dapat disimpulkan bahwa orang yang berenang di bagian pantai yang landai berpasir akan tergulung ombang dan terseret arus yang kuat dari samudera Hindia. Karena pada bagian pantai yang terjal dan berbatu tidak akan menjadi pilihan bagi orang untuk berenang sehingga mereka hanya akan menikmati pemandangan alamnya saja. Pantai yang langsung berhadapan dengan lautan lepas di samudra hindia menjadikan ombak pada pantai selatan Jawa memiliki karakter energi kuat dan besar.
            Secara teknis, dapat diperkirakan bahwa ketika ada orang yang berenang, diawali dengan hempasan dan gulungan ombak yang cukup kuat sehingga arus putar pecahan ombak membuat korban terhempas ke dasar laut. Hantaman ombak ini kemudian menimbulkan kepanikan sehingga membuat koordinasi gerak tubuh menjadi kacau. Dalam hantaman ombak inipun dapat menyebabkan kepala korban terbentur benda keras jika banyak terdapat benda keras di sekitar korban yang mampu membuat korban menjadi tidak sadarkan diri. Berada lama di dalam air mejadikan korban kehilangan panas tubuh dan kemudian tewas karena Hipotermia.
            Dan kepercayaan lain menyebutkan bahwa ketika berada di pantai selatan, pengunjung dilarang mengenakan pakaian berwarna hijau. Karena ketika ada yang mengenakan pakaian hijau, dia akan menjadi sasaran untuk dijadikan tentara atau budak oleh Nyi Roro Kidul. Namun jika ditelaah secara ilmiah, mengapa pengunjung dilarang mengenakan pakaian berwarna hijau adalah dikarenakan laut yang ada di pantai selatan cenderung berwarna biru kehijau- hijauan. Sehingga ketika ada pengunjung yang berenang dengan mengenakan pakaian hijau dan terbawa arus ke tengah laut akan sangat sulit terlihat dari pantai.

Ilustrasi Nyi Roro Kidul Oleh Wikipedia

            Bagi masyarakat Sunda, Nyi Roro Kidul adalah sosok spiritual yang menjaga pantai selatan yang berwujud wanita berparas cantik. Berdasarkan bahasa, Nyi Roro Kidul berasal dari bahasa Jawa, yang berarti ‘gadis cantik’ atau ‘orang sakit’. Loro adalah homograf dalam bahasa Jawa yang berarti dua atau sakit. Sementara dalam bahasa Jawa, Roro diartikan sebagai gadis. Namun menurut seorang Otographer asal Belanda, memperkirakan telah terjadi perubahan dari bahasa jawa kuno Roro menjadi bahasa jawa baru Loro. Hal ini menjadikan perubahan makna yang awalnya gadis cantik menjadi orang sakit.  Sedangkan bagi masyarakat Jawa, panggilan dengan menggunakan kata Nyi, Kanjeng, Gusti sangat penting karena menyangkut masalah etika dalam kesopanan. Jadi secara terjemahan bebas, Nyi Roro Kidul berarti Gadis Selatan yang dihormati.
            Masyarakat Jawa yang mengenal Nyi Roro Kidul sebagai penguasa pantai selatan mungkin bukanlah sebuah sebutan yang tanpa alasan. Karena hal ini menyangkut kepada sejarah dari bangsa Nusantara sendiri pada masa kejayaannya di waktu yang lampau. Karena menurut legenda bangsa Nusantara adalah sebuah bangsa yang perkasa baik di daratan juga di lautan. Hal ini terbukti adanya ukiran perahu Borobudur di candi Borobudur.
            Karena keperkasaannya ini, Nusantara menjadi sebuah negeri yang tidak terjamah oleh bangsa didunia lainnya. Bahkan ada cerita yang mengatakan bahwa pada masa yang lampau dunia hanya terbagi menjadi dua kekuasaan. Yaitu kekuasaan belahan utara yang dikuasai oleh tiongkok dan kekuasaan belahan selatan yang dikuasai Nusantara. Hal ini dipekuat karena banyaknya pengakuan dari peluat- pelaut dari bangsa lain yang kagum akan kapal yang dibuat oleh orang jawa untuk mengarungi samudra. Sebuah kapal yang sangat besar dan dibuat oleh tangan yang ahli.
Karena memiliki sumber daya alam yang sangat berlimpah namun sulit dijamah, maka mulailah sebutan Gadis Selatan Yang Dihormati banyak terdengar. Mungkin inilah asal mula kata Ny Roro Kidul jika dinilai dari sejarah kejayaan bangsa Nusantara di masa lalu. Bahwa bangsa Nusantara pernah menjadi sosok Gadis Cantik Yang Sangat Dihormati di dunia.

            

1 comment:

  1. Terimakasih infinya jangan lupa kunjungi http://bit.ly/2MXIkpt

    ReplyDelete

Terbaru

13 Fakta Kerajaan Majapahit: Ibukota, Agama, Kekuasaan, dan Catatan Puisi

  Pendahuluan Sejarah Kerajaan Majapahit memancarkan kejayaan yang menakjubkan di Nusantara. Dalam artikel ini, kita akan menyelami 20 fakta...