3 Langkah mudah mencintai Indonesia

Banyak langkah untuk membuktikan cinta kepada Indonesia, dan berikut langkah mudah untuk dapat mencintai Indonesia

Sangat banyak hal yang dapat kita cintai dari Indonesia kita ini. Karena tidak ada negara lain atau bangsa lain yang memiliki apa yang dimiliki oleh Indonesia. Dimulai dari kekayaan budaya dan tradisinya, kekayaan bahasa, kekayaan sumber daya manusia, kekayaan sumber daya alam. Indonesia adalah sebuah negeri yang sangat kaya.
Namun beberapa waktu terakhir, sangat disayangkan bahwa beberapa dari kekayaan tersebut sudah mulai hilang. Ada beberapa faktor kekayaan tersebut dapat hilang. Jika misal kekayaan yang hilang itu adalah berupa kekayaan alam, faktor hilangnya kekayaan tersebut dapat dikarenakan eksplorasi yang berlebihan sehingga kekayaan tersebut habis dan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengembalikannya seperti sedia kala.
Jika kekayaan yang hilang adalah kekayaan budaya dan juga tradisi masyarakat, dapat dipastikan bahwa hilangnya kekayaan tersebut karena tidak ada regenerasi yang dapat meneruskan budaya dan tradisi tersebut. Sehingga kekayaan tersebut perlahan mulai hilang dari ingatan generasi mudanya dan secara perlahan pula mulai terlupakan.
Berbagai macam cara banyak di tempuh untuk dapat melestarikan kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia. Mulai dari penjelajahan sampai penelitian yang dapat menjadikan kekayaan- kekayaan tersebut tidak hilang. Dan berikut beberapa langkah untuk mencintai Indonesia dengan cara yang mudah dan simple:

1.       Eksplorasi
Saat ini sudah sangat banyak program- program traveling di tv ataupun referensi lainnya yang memuat tentang kekayaan yang dimiliki Indonesia. Baik yang berupa kekayaan alam, kekayaan budaya dan tradisi, sampai kekayaan kuliner. Namun bukan berarti banyaknya program traveling tersebut harus membuat kita menjadi seorang traveler juga.  Karena bagaimana jika waktu yang kita miliki sedikit untuk bisa melakukan traveling? Jangan khawatir, dengan media internet semua dapat kita lakukan.
Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa saat ini internet sudah menjadi kebutuhan pokok manusia di dunia. Hampir semua yang dibutuhkan manusia tersedia di internet. Termasuk juga dengan informasi yang kita butuhkan tentang apapun. Termasuk tentang apa yang dimiliki Indonesia. Dengan rajin- rajin mencari informasi tentang apa yang dimiliki Indonesia di Internet, dijamin akan memangkas waktu dan biaya yang kita butuhkan untuk melakukan perjalanan keliling Indonesia. Walaupun memang terdapat perbedaan sensasi yang didapatkan antara mereka yang melakukan perjalanan langsung dengan mereka yang hanya mencari informasi dengan internet. Tapi ini adalah cara mudah langkah pertama untuk bisa membuktikan bahwa kamu mencintai Indonesia.

SUmber Gambar: Commons.Wikipedia.Org



2.       Tulis
Jika kamu sudah melakukan perjalanan keliling Indonesia dan mencari tahu kekayaan apa saja yang ada disana atau kamu hanya mendapatkan informasi di Internet, langkah selanjutnya adalah tulis semua itu. Apapun yang menarik yang kamu dapatkan baik dengan melakukan perjalanan ataupun hanya dengan duduk didepan laptop segeralah tulis. Karena dengan tulisan kamu dapat bersuara lebih banyak, lebih lama, lebih luas jangkauannya dan lebih banyak diketahui orang.
Tulisan adalah salah satu media yang sangat efisien untuk memberitahukan apa yang kamu rasakan. Baik yang sudah kamu rasakan, yang sedang kamu rasakan, atau apa yang mau kamu rasakan. Dengan tulisan, suara kamu akan abadi dan akan dibaca oleh banyak orang seiring waktu. Seperti apa yang dikatakan oleh Syaikh Imam Al Ghazali, “Bila kamu bukan anak seorang raja dan kamu bukan anak seorang ulama besar. Maka jadilah penulis”.
Kalian tahu apa maksud dari kutipan Syekh Imam tersebut? Artinya adalah jika kamu bukanlah seorang anak para pembesar, maka jadilah penulis yang dapat membesarkan nama mereka. Karena jika tidak ada penulis, mungkin nama pembesar- pembesar itu hanya akan diingat orang selama berpuluh- puluh tahun saja. Tapi jika nama dan kisah mereka ditulis oleh seorang penulis, nama mereka akan terkenal beratus- ratus tahun kemudian. Tidak percaya? Kalian ingat cerita tentang nabi Adam? Jika cerita itu tidak ditulis didalam kitab suci, apakah kita akan mengetahui kisah itu?
Hal tulis menulis ini juga berlaku bagi Indonesia yang kita cintai ini. Tulis sebanyak- banyaknya apa yang kita temukan atau yang kamu pikirkan tentang Indonesia termasuk alasan kita mencintainya. Karena dengan begitu sudah pasti kita sudah berkontribusi untuk menjadikan nama Indonesia abadi untuk waktu yang sangat lama.

Sumber Gambar: wwwPixabay.com



3.       Share
Tulis semua yang dirasakan atau rekam dengan video atau potret dengan kamera yang membuat kita selalu mengingat Indonesia. Tapi bagaimana jika karya tersebut tidak kita share atau kita bagikan? Bagikan apa yang kita rasakan agar orang lain juga merasakan hal yang sama dengan kita. Karena tujuan kita menulis, memfoto atau merekam segala kekayaan yang ada di Indonesia adalah memperkenalkan Indonesia kepada dunia dan menjadikan anak- anak generasi muda Indonesia yang lainnya menjadi semakin bangga dengan Indonesia.
Kalian bisa mempublikasikan apa saja yang kalian mau tentang Indonesia, tapi yang pasti yang positif ya. Bisa tentang kekayaan alam dan tambang yang dimiliki Indonesia, tradisi dan budaya masyarakat Indonesia, atau sekedar tentang makanan- makanan khas daerah- daerah yang ada di Indonesia. Karena tujuan dari share atau membagikan karya kita ini adalah agar semakin banyak orang yang mengenal Indonesia dan mencintai Indonesia. Inilah yang dinamakan kita berkarya untuk Indonesia.
Sumber gambar: www.Youtube.com

Berbagi karya yang sudah kita buat seperti tulisan, foto atau video bisa melalui apa saja. Bisa melalui stasiun tv swasta atau negeri yang kini sudah banyak menerima kiriman dari Citizen Jurnalism ataupun melalui media sosial yang sekarang semakin menjamur. Mungkin yang mudah adalah melalui media sosial ya? Karena hampir disetiap hari kita tidak terlalu jauh dengan media sosial seperti facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya. Semakin banyak kita share, semakin banyak pula orang akan mengetahui tentang Indonesia dan semakin banyak orang mengetahui Indonesia dari kita orang pun akan mengenal kita sebagai orang yang cinta kepada Indonesia. Tidak jarang dari proses berbagi ini banyak kekayaan- kekayaan di Indonesia yang sudah mulai punah dan hilang kembali mendapatkan perhatian dan tidak lagi masuk kategori terancam punah.

Itulah tiga langkah mudah untuk membuktikan bahwa kita mencintai Indonesia. Mungkin ini adalah cara yang termudah yang bisa menjadikan kita mencintai Indonesia. Karena jika kita tidak mampu melakukan bukti nyata sebagai tanda kita mencintai Indonesia seperti yang sering ada di tv ataupun di media lainnya, setidaknya kita bisa membuktikan bahwa kita tetap mencintai Indonesia dengan cara kita sendiri. Semakin sering kita melakukan tiga hal tersebut, makin banyak orang yang mengenal Indonesia dan semakin banyak lagi orang yang akan mencintai Indonesia. Karena cinta membutuhkan pengakuan…



No comments:

Post a Comment

Terbaru

13 Fakta Kerajaan Majapahit: Ibukota, Agama, Kekuasaan, dan Catatan Puisi

  Pendahuluan Sejarah Kerajaan Majapahit memancarkan kejayaan yang menakjubkan di Nusantara. Dalam artikel ini, kita akan menyelami 20 fakta...