Cuci Negeri Maluku, Tradisi Tahunan Mengingat Warisan Nenek Moyang



Ada banyak cara yang dilakukan oleh bangsa Indoenesia untuk memberikan rasa hormat mereka terhadap nenek moyang. Mereka menganggap bahwa nenek moyang adalah sosok yang haruslah selalu diberikan tempat tersendiri bagi kehidupan. Dan salah satu cara yang dilakukan masyarakat di Maluku untuk menghormati nenek moyang mereka adalah dengan tradisi Cuci Negeri.
Negeri adalah sebutan untuk desa- desa yang ada di Maluku. Itulah sebabnya orang Maluku lebih mengenal negeri daripada desa. Karena desa disebut Negeri, maka pemimpin di tempat tersebut bukan lagi dikenal dengan kepala desa, melainkan Bapa Raja. Sedangkan tradisi Cuci Negeri adalah sebuah tradisi yang sudah turun temurun digelar oleh penduduk negeri untuk membersihkan lokasi- lokasi yang diyakini sebagai tempat mistis sejak jaman nenek moyang dahulu.
Tradisi Cuci Negeri. Sumber: Antarafoto.com
Biasanya tradisi Cuci Negeri berupa dibawanya beberapa seserahan yang berupa sirih dan pinang oleh kaum wanita. Namun tidak hanya makanan saja yang dibawa, tapi juga minuman tradisional masyarakat setempat yang dikenal dengan nama Sopi. Dan seserahan tersebut akan dibagikan kepada warga saat adat Cuci Negeri dimulai yang diikuti dengan pembacaan do’a- do’a oleh pemangku adat setempat.
Tradisi Cuci Negeri biasanya berupa kegiatan membersihkan lokasi ritual seperti sumur tua, rumah tua dan juga batu pamali milik tiga Soa yang merupakan sumber kehidupan masyarakat setempat dalam kesehariannya. Selama prosesi adat, beberapa orang biasanya meminum Sopi dan memakan sirih pinang yang merupakan lambang persekutuan adat sedangkan warga yang lainnya mengiringi proses pembersihan dengan menyanyikan lagu adat dan tabuhan tifa sampai dengan acara adat selesai.
Salah satu tujuan dari diadakannya tradisi Cuci Negeri bukan hanya berdasar kepada warisan yang diwariskan secara turun temurun, melainkan juga dengan maksud untuk memelihara dan menghidupkan nilai- nilai postif yang diyakini oleh masyarakat setempat agar selalu diingat oleh generasi muda mereka. Karena selain pemeliharaan terhadap tempat bersejarah, tradisi Cuci Negeri juga tentang pesatuan, musyawarah, gotong roong, kebersihan dan toleransi diantara sesama penduduk negeri. Unsur- unsur itulah yang menjadikan upacara adat Cuci Negeri ini masih bisa bertahan sampai dengan saat ini.
Upacara Cuci Negeri masih bisa ditemui pada hari ini karena masih dipelihara dengan baik oleh masyarakat setempat dan biasanya dilakukan pada tanggal 27-29 Desember. Alasan tradisi ini dilaksanakan pada akhir tahun adalah karena menurut kepercayaan setempat, arwah leluhur biasanya kembali dari tempat- tempat peristirahatannya ke tempat dimana mereka pernah hidup.
Tradisi Cuci Negeri. Sumber: Linoambon.blogspot.com
Selain itu terdapat pula keyakinan bahwa sehabis musim timur atau musim hujan, biasanya keadaan yang diakibatkan sangat banyak. Seperti tanah longsor, banjir, rumah- rumah yang bocor, ataupun hal- hal lain yang menjadi kotor dan rusak karena musim hujan. Dan untuk membersihkan tempat- tempat yang kotor dan rusak tersebut kemudian pada pemangku adat atau datuk menyelenggarakan Cuci Negeri sebagai sarana untuk membersihkan desa akibat musim hujan.
Sekilas tradisi Cuci Negeri sangat erat kaitannya dengan kepercayaan animisme yang meyakini hal- hal gaib. Namun diluar dari itu, Cuci Negeri justeru adalah sebuah tradisi yang mengajarkan kepada generasi muda bahwa sejarah nenek moyang haruslah dirawat dan dihormati sehingga menjadi ingatan tersendiri bagi masyarakat setempat untuk terus melaksanakan ajaran yang telah diwariskannya. Selain itu, tradisi yang dilaksanakan pada akhir tahun ini juga biasa dilaksanakan sebagai sarana untuk evaluasi diri tentang apa yang telah dilakukan pada tahun sebelumnya agar mudah dalam mempersiapkan tahun yang akan datang.

Referensi:

1      1. http://juliansoplanit.blogspot.co.id/2011/03/negri-soya.html
2      2. http://www.kabartimur.co.id/index.php/utama/item/6250-adat-“cuci-negeri”-naku-syarat-nuansa-budaya
3      3. http://keepo.me/pariwisata-timur-indonesia-channel/7-tradisi-masyarakat-maluku-yang-menjadi-daya-tarik-pariwisata


No comments:

Post a Comment

Terbaru

13 Fakta Kerajaan Majapahit: Ibukota, Agama, Kekuasaan, dan Catatan Puisi

  Pendahuluan Sejarah Kerajaan Majapahit memancarkan kejayaan yang menakjubkan di Nusantara. Dalam artikel ini, kita akan menyelami 20 fakta...