Suku Hutan, Kepunahan Yang Sudah Diujung Tanduk Di Bumi Batam

Suku Hutan yang kini berada diujung tanduk kepunahan mengajarkan kita bahwa kebudayaan dan tradisi nenek moyang memang harus dijaga. Hanya saja tidak bisa melakukannya sendiri dan tanpa adanya kepercayaan terhadap orang lain...

Keberadaan hutan memang sangat penting bagi ekosistem makhluk hidup yang ada didalamnya. Baik itu flora, fauna ataupun kelompok- kelompok manusia yang hidup menggantungkan hidupnya kepada hutan. Kelompok- kelompok ini terkadang adalah kelompok suku- suku asli setempat yang memilih untuk hidup menghindar dari kemajuan zaman. Dan salah satu dari suku tersebut adalah suku Hutan yang kini sudah nyaris punah keberadaannya.

Suku Hutan adalah suku yang berada di Batam yang sama seperti suku- suku lainnya yang ada di Indonesia yang memilih untuk menghindari kemajuan zaman. Mereka memutuskan untuk melanjutkan kehidupan mereka mempertahankan ajaran- ajaran leluhur mereka untuk terus hidup menyatu dengan alam.

Suku Hutan di Batam (Sumber Gambar: www.newsdesa.worpress.com)

Didalam hutan mereka hidup didalam rumah kayu yang mereka buat dengan beratapkan jaun jerami. Mendapatkan makanan dari hasil pertanian mereka yang sederhana. Komoditas yang biasa mereka tanam adalah umbi- umbian, baik umbi kayu ataupun umbi jalar. Selain itu menggantungkan hidup dari makanan yang ditanam, mereka juga terkadang mendapatkan makanan dengan cara berburu binatang liar dan menangkap ikan di sungai.
Kehidupan mereka yang membatasi hubungan dengan kehidupan manusia diluar hutan ternyata menjadikan mereka tidak terlalu mendapatkan perhatian dari lingkungan sekitarnya. Karena dengan pembatasan yang dilakukan, mereka menjadi tidak terlalu dekat dengan masyarakat di luar hutan sehingga pola kehidupan merekapun menjadi tidak terkontrol.
Kurangnya perhatian ini menjadikan kehidupan suku Hutan di Batam kurang diperhatikan. Seperti misalnya pola kehidupan masyarakat suku Hutan yang sangat suka meminum minuman tuak. Gemarnya mereka meminum minuman ini menjadikan banyak anggota dari suku Hutan yang jatuh sakit. Dan karena hubungan dengan masyarakat luar hutan tidak terlalu dekat, kesehatan suku Hutan pun tidak terlihat sehingga banyak dari anggota suku Hutan yang kemudian meninggal.
Namun suku Hutan tidak semuanya menarik diri dari kehidupan sosial dengan masyarakat diluar hutan. Karena sudah banyak pula anggota suku Hutan yang keluar dari hutan untuk hidup membaur dengan masyarakat diluar hutan. Namun ternyata masalah tersebut menjadikan banyak dari suku Hutan meninggalkan sukunya dan enggan kembali ke hutan dan menjadikan anggota suku Hutan semakin berkurang jumlahnya.

suku hutan Batam (Sumber Gambar: www.newsdesa.wordpress.com)
 Keberadaan suku Hutan semakin hari semakin terdesak oleh perkembangan zaman. Keberadaan suku Hutan yang kurang mengerti akan pola hidup sehat serta pembatasan diri mereka menjadikan mereka tidak mudah dijangkau oleh kehidupan sosial masyarakat yang ada disekitar mereka.
Suku Hutan yang kini berada diujung tanduk kepunahan mengajarkan kita bahwa kebudayaan dan tradisi nenek moyang memang harus dijaga. Hanya saja tidak bisa melakukannya sendiri dan tanpa adanya kepercayaan terhadap orang lain. Bahwa prinsip Bhineka Tunggal Ika memang adalah prinsip yang harus melandasi kehidupan sebagai warga negara Indonesia. Karena salah satu hal yang tersirat dari prinsip Bhineka Tunggal Ika adalah prinip kepercayaan. Dimana kita harus mau saling percaya dengan orang yang berbeda latar belakang dengan kita untuk mencapai satu tujuan kemerdekaan Republik Indonesia, Karena jika tidak ada rasa saling mempercayai, sudah tentu tidak akan ada yang namanya kemerdekaan. Dan mungkin sifat saling mempercayai satu sama lain sebagai anak bangsa inilah cara untuk menghentikan kepunahan yang akan menghilangkan suku Hutan di Batam agar terus ada di bumi ibu pertiwi. Karena suku Hutan di Batam adalah bagian dari Indonesia yang tidak boleh hilang.

Sayanusantara.blogspot.co.id


Referensi:
1.http://daerah.sindonews.com/read/1034283/174/7-suku-di-indonesia-yang-hampir-punah-keberadaannya-1439886042/1
2. http://protomalayans.blogspot.co.id/2012/08/suku-orang-hutan.html


<< Sebelumnya                Selanjutnya >>

No comments:

Post a Comment

Terbaru

13 Fakta Kerajaan Majapahit: Ibukota, Agama, Kekuasaan, dan Catatan Puisi

  Pendahuluan Sejarah Kerajaan Majapahit memancarkan kejayaan yang menakjubkan di Nusantara. Dalam artikel ini, kita akan menyelami 20 fakta...