Topeng Betawi, Bukti Orang Betawi Juga Menggeluti Seni Teater

Dahulu kesenian ini di pentaskan secara berkeliling oleh para senimannya..

Topeng Betawi adalah kesenian tradisional yang sudah sangat terkenal di Jakarta dan daerah sekitarnya. Kesenian ini selalu memiliki tempat di hati setiap orang betawi yang tidak akan hilang terhantam modernisasi. Dan penggemar kesenian Topeng Betawi ini selalu bertumbuh semakin banyak disetiap waktunya. Namun apakah banyaknya penggemar kesenian ini tahu tentang sisi lani dari kesenian Topeng Betawi ini?
Betawi merupakan salah satu suku bangsa yang ada di Indonesia yang pada umumnya bertempat tinggal di DKI Jakarta dan daerah- daerah sekitarnya. Seperti Depok, Bogor, Banten, juga Bekasi. Namun walaupun merupakan suku yang sudah lama berada di DKI Jakarta, bahkan banyak yang menganggap bahwa suku Betawi adalah penduduk asli Jakarta, terdapat banyak versi yang menyatakan tentang asal- usul suku ini.

Topeng Betawi. Sumber: gpswisataindonesia.wordpress.com
Ada yang berpendapat bahwa suku Betawi adalah suku yang berasal dari hasil pernikahan antar etnis dan bangsa di masa yang lalu. Hal ini diperkuat dengan banyaknya yang mengaku orang Betawi yang merupakan keturunan campuran dari aneka suku dan bangsa yang dulu pernah didatangkan Belanda ke Batavia.
Namun ada juga yang mengatakan bahwa suku Betawi adalah orang baru di Jakarta. Mereka yang menyatakan hal ini karena menurut mereka suku Betawi adalah hasil perpaduan dari banyaknya suku etnis yang sudah dahulu hidup di Batavia. Seperti suku Sunda, Melayu, Jawa, Bali, Bugis, Makassar, Ambon, dan juga Tionghoa.
Pendapat yang paling kuat tentang asal usul suku Betawi ini berasal dari Lance Castles yang juga dipahami oleh peneliti lainnya. Lance pernah meneliti tentang penduduk Jakarta dalam sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Cornell University pada tahun 1967. Dalam jurnal tersebut Lance menyatakan bahwa mereka yang mengaku sebagai orang Betawi adalah keturunan kaum berdarah campuran aneka suku dan bangsa yang didatangkan Belanda ke Batavia pada masa lalu. Seperti suku- suku yang disebutkan diatas, serta suku- suku pendatang lainnya. seperti Arab, India, Tionghoa, dan Eropa.
Sedangkan kesenian Topeng Betawi adalah salah satu kesenian tradisional suku Betawi yang masih ada sampai sekarang. Berdasarkan bahasa, topeng dalam bahasa Betawi memiliki beberapa arti. Yaitu sebagai penutup wajah, pertunjukan dan juga penari. Jadi, dari kesenian Topeng ini kita akan mengetahui bahwa Betawi adalah sebuah suku yang memiliki kesenian teather tradisional yang sudah lama ada di bumi Nusantara.
Pertunjukan seni Topeng Betawi pada waktu awal bukanlah pertunjukan seni yang sama seperti yang sekarang ada. Karena dahulu kesenian ini di pentaskan secara berkeliling oleh para senimannya. Dan selain di pertunjukan secara berkeliling, pertunjukan seni ini juga kadang kala dijadikan hiburan dalam acara- acara pesta. Seperti acara pesta pernikahan, khitanan dan lain- lain. Dimulainya pertunjukan seni ini dipertunjukan dalam acara pesta karena kepercayaan masyarakat Betawi yang menganggap bahwa kesenian Topeng Betawi ini dapat menjauhkan mereka dari mala petaka yang dipercaya bisa muncul kapan saja.

Topeng Betawi. Sumber: ahmadbaihaki91.blogspot.com
Pada awalnya, pementasan seni Topeng Betawi tidaklah menggunakan panggung seperti yang bisa ditemui saat ini. Topeng Betawi pada masa lalu dipentaskan diatas tanah dengan dibantu penerangan dari lampu minyak yang diletakkan di tengah area pementasan. Sedangkan antara pementas dengan penonton tidak ada batasan sama sekali.
Kesenian Topeng Betawi biasanya terdiri dari beberapa kesenian lainnya. Seperti kesenian tari dan lawak. Namun walaupun terdiri dari beberapa kesenian yang berbeda, bukan berarti seni Topeng Betawi adalah kesenian yang tidak bertema. Biasanya tema yang diambil dalam kesenian ini lebih kepada kehidupan masyarakat sehari- hari, cerita legenda, kritik sosial, dan cerita- cerita lainnya yang memiliki nilai pelajaran tersendiri bagi para penikmatnya.
Kesenian Topeng Betawi yang berasal dari kesenian keliling ini, konon, sudah berada sejak awal abad ke 20. Hanya saja perkembangannya dimulai dari daerah pinggiran kota Jakarta. Dan karena berasal dari pinggiran kota Jakarta, kesenian Topeng Betawi ini juga sangat dipengaruhi oleh kesenian- kesenian dari daerah lain seperti sunda. Dan barulah pada sekitar awal tahun 1960-an kesenian Topeng yang sudah dikenal oleh banyak orang di pertunjukan diatas panggung yang penerangannya dibantu oleh petromak atau listrik. Dan karena biasanya pertunjukan kesenian ini dipertunjukan semalam suntuk, kesenian Topeng kemudian dibagi menjadi beberapa bagian.
Kesenian Topeng Betawi adalah kesenian yang sarat akan penyampaian pesan secara tidak langsung kepada banyak orang melalui media teather. Inilah salah satu cara yang dilakukan oleh para leluhur dalam mendidik generasi mudanya. Karena dengan cara inilah Topeng Betawi bisa selalu ada. Dan dari kesenian inilah generasi muda kemudian mengetahui apa itu Betawi secara khusus dan Indonesia secara umumnya. Seperti tertuang dalam ungkapan yang sering diungkapkan oleh pementas seni ini, “Biar tekor, asal kesohor”. Yang artinya walaupun tidak selalu membawa keuntungan dalam hal materi, bahkan selalu rugi, yang penting kesenian ini dikenal dan menjadi jati diri bagi suku Betawi.


www.Sayanusantara.blogspot.co.id



Referensi:
1.http://www.negerikuindonesia.com/2015/04/tari-topeng-betawi-tarian-tradisional.html
2.http://kampungbetawi.com/gerobog/bebulan/menelisik-topeng-betawi/
3.http://kebudayaanindonesia.net/kebudayaan/1048/topeng-betawi
4.https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Betawi



<< Sebelumnya                 Selanjutnya >>

No comments:

Post a Comment

Terbaru

13 Fakta Kerajaan Majapahit: Ibukota, Agama, Kekuasaan, dan Catatan Puisi

  Pendahuluan Sejarah Kerajaan Majapahit memancarkan kejayaan yang menakjubkan di Nusantara. Dalam artikel ini, kita akan menyelami 20 fakta...