Tari Salai Jin Ternate, Cara Manusia Berhubungan Dengan Makhluk Halus

Tari Selai Jin digunakan sebagai sarana manusia berkomunikasi dengan makhluk gaib

Dari banyaknya kearifan lokal yang ada di Indonesia, ternyata masih sangat banyak tradisi yang masih menjadi misteri sampai dengan saat ini. Tradisi tersebut biasanya diyakini oleh masyarakat adat yang sangat berkaitan erat dengan aliran kepercayaan yang mereka yakini. Seperti misalnya tarian Salai Jin dari Ternate.
Tarian Salai Jin merupakan sebuah kesenian asli dari Ternate yang sudah lama di kenal oleh masyarakatnya. Sesuai dengan namanya, tarian ini sangat erat kaitannya dengan hal- hal yang berbau mistis. Dan karena memiliki sifat kemistisan inilah, tari Salai Jin tidak bisa dimainkan oleh sembarang orang.
Tari Salai Jin. Foto: indonesiakaya.com
Orang yang memainkan tari Salai Jin haruslah orang yang memiliki keahlian khusus. Keahlian khusus ini dipergunakan untuk menangkal serangan dari makhluk halus. Penari yang tidak memiliki keahlian khusus dalam menarikan tarian Salai Jin biasanya akan kerasukan makhluk halus dan akan melakukan hal yang tidak di sangka- sangka sebelumnya.
Tarian Salai Jin yang sudah menjadi kearifan lokal masyarakat Ternate ini bukanlah tanpa alasan kenapa diciptakan. Dan sesuai namanya, tari Salai Jin digunakan sebagai sarana manusia berkomunikasi dengan makhluk gaib. Tujuan dari komunikasi ini lebih sering untuk meminta bantuan atas permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Ternate, seperti misalnya permasalahan penyakit.
Pulau Ternate sendiri merupakan sebuah pulau yang sangat dipengaruhi oleh iklim laut. Iklim laut ini memiliki dua macam iklim yang juga seringkali diselingi oleh dua musim pancaroba disetiap tahunnya. Pengetahuan akan ilmu kesehatan dan pengaruh dari dua musim pancaroba di setiap tahun inilah yang mungkin menjadikan masyarakat tradisional Ternate pada masa lalu mengadakan tradisi Salai Jin.
Namun seiring perkembangan waktu, ternyata tari Salai Jin juga mulai kehilangan daya mistis. Pasalnya, kini tari Salai Jin dijadikan sebuah atraksi pariwisata di Ternate seperti misalnya saat menyambut tamu- tamu kenegaraan yang datang ke Ternate. Tidak hanya itu, tarian inipun juga mengalami beberapa perubahan lainnya. Penari bisa siapa saja bahkan mereka yang tidak memiliki keahlian khusus, bakaran kemenyan diganti menjadi bakaran arang batok kelapa, dan pakaian penari sudah di modernisasi dan berwarna- warni menjadi beberapa tanda perkembangan jaman juga sudah menyentuh tradisi ini.
Berjalannya waktu ternyata mampu mengubah setiap persepsi yang ada akan sesuatu. Sains dan teknologi pun mampu menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapi. Dan dari tari Salai Jin ini kita akan mengetahui bahwa segalanya mampu untuk berkembang menuju sebuah perubahan. Inilah yang mungkin dapat kita lakukan untuk menjaga kearifan lokal asli Indonesia agar tidak hilang, mengenali perubahan yang terjadi tanpa meninggalkan apa yang sudah kita miliki. Karena seperti tari Salai Jin yang sangat berharga, kebudayaan Indonesia yang lainnya sangatlah berharga untuk dipertahankan agar kebudayaan tersebut tidak hilang dan hanya menjadi tulisan atau cerita semata. Mari jaga Indonesia, Ini Nusantara Kita.


Sayanusantara

Referensi:
http://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/tari-salai-jin-yang-mistis-dan-keberadaannya-kini
http://www.kompasiana.com/inspiree/tarian-mistis-salai-jin-dari-ternate-di-maluku-utara_570f35f709b0bdf904218e4b
https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Ternate


<< Sebelumnya               Selanjutnya >>

No comments:

Post a Comment

Terbaru

13 Fakta Kerajaan Majapahit: Ibukota, Agama, Kekuasaan, dan Catatan Puisi

  Pendahuluan Sejarah Kerajaan Majapahit memancarkan kejayaan yang menakjubkan di Nusantara. Dalam artikel ini, kita akan menyelami 20 fakta...