18 Fakta Menarik Kota Solo. No.9 Pasti Kamu Ingin Coba Deh..

  Siapa yang tidak mengenal kota Solo? Kota Solo yang termasuk salah satu kota yang berada di provinsi Jawa Tengah ini merupakan kota yang kaya akan budaya. Tapi tahukah kamu tentang fakta menarik kota Solo?
  Sama seperti kota-kota lainnya yang ada di Indonesia, kota Solo memiliki kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki oleh daerah-daerah lainnya. Salah satunya adalah budaya dan tradisinya yang masih sangat kental terasa saat kita berada disana. Dan jika kamu sedang berada di kota Solo atau ingin berkunjung ke kota Solo, fakta-fakta menarik kota Solo ini adalah satu hal yang harus kamu ketahui. Apa saja fakta menarik dari kota Solo, berikut daftar fakta menarik kota Solo yang harus kamu ketahui:


  1. Mempunyai dua kata sekaligus

  Fakta menarik dari kota Solo yang pertama adalah nama. Kota Solo memiliki dua nama, yaitu: Kota Solo dan Kota Surakarta dan kedua nama tersebut masih digunakan sampai saat ini. Walaupun kedua nama tersebut masih digunakan, namun penggunaan dari masing-masing kata tersebut berbeda. Seperti misalnya Kota Solo yang merupakan penyebutan umum dengan latar belakang aspek Kultural kota tersebut. Sedangkan nama Kota Surakarta lebih biasa digunakan dalam situasi formal-pemerintahan.


  1. 2. Arti Nama
  Surakarta merupakan sebuah nama yang terdiri dari dua suku kata bahasa Jawa. Yaitu Sara dan Karta. Sara mengartikan Keberanian, sedangkan Karta mengartikan Makmur.

  1. Kota Yang Tenang
  Kota Solo merupakan salah satu kota yang nyaman untuk ditinggali. Hal ini karena keadaan kotanya yang tenang dimana masyarakatnya masih memegang erat kebudayaan aslinya. Ketenangan kota ini tergambarkan dalam semboyannya: Berseri, yang merupakan kependekan dari “Bersih, Sehat, Rapi, serta Indah.”

  1. Tradisi Unik
  Salah satu tradisi unik yang masih dapat kamu jumpai di kota Solo adalah Kirab Pusaka 1 Suro. Kirab ini biasa diadakan pada malam hari menjelang 1 Suro dengan tujuan untuk merayakan tahun baru Jawa.

  1. Pasar Loak Terkenal
  Kota Solo memiliki pasar loak yang sangat terkenal, yaitu Pasar Klithikan Notoharjo, yang dibangung pada tahun 2006 oleh pemerintah kota Surakarta. Pasar ini cukup besar ukurannya hingga mampu menampung banyak pedagang kaki lima diarea Taman Monumen 45 Banjarsari. Disini, kamu akan menemukan barang-barang bekas yang layak pakai, lho. Ingin mencari barang dekoratif bergaya Vintage atau yang lain? Pasar Klithikan adalah tempat yang cocok untuk memulai.

  1. Kota Penyelenggara PON Pertama
  Fakta menarik dari kota Solo selanjutnya adalah saat kota Solo ditunjuk sebagai kota penyelenggara PON pertama. PON atau Pekan Olahraga Nasional pertama ini diadakan di kota Solo pada tanggal 9-12 September 1948 dimana pembukaannya diresmikan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir.Soekarno.
Kota Solo. Gambar: soloevent.id

  1. Kota 2 Keraton
  Keraton merupakan tempat pemerintahan asli Jawa pada masa yang lalu. Biasanya satu kota terdiri dari satu keraton sebagai tempat pemerintahanannya pada masa yang lalu. Namun itu berbeda dengan kota Solo. Kota Solo memiliki dua keraton. Walaupun keraton yang ada di kota Solo ini sudah tidak menjalankan pemerintahan seperti dahulu, namun keraton-keraton ini masih memiliki sultan dan abdi dalem. Nama keraton-keraton tersebut adalah Keratonan Kasunanan Surakarta dan Keraton Mangkunegaran Surakarta.
  Dengan adanya keraton-keraton ini, kamu bisa mengenal lebih jauh seperti apa kebudayaan Jawa yang ada di kota Solo pada masa yang lalu. Bahkan, dari keraton-keraton ini, kamu bisa melihat sendiri bagaiman arsitektur kuno Jawa. Dan jika datang di saat yang tepat, kamu juga bisa menyaksikan berbagai upacara dan ritual tahunan yang biasa diselenggarakan oleh keraton-keraton ini. Salah satunya adalah Sekaten.

  1. Hotel Batik
  Masing-masing batik tradisional yang ada di Indonesia memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh batik tradisional dari daerah lainnya. Begitu pula dengan batik dari Solo. Dan jika kamu ingin mengenal lebih jauh batik Solo, hotel Batik adalah tempat yang cocok. Nama hotel ini adalah Best Western Premier Solo.
  Secara umum, batik Solo terdiri dari banyak motif dimana dua diantaranya adalah motif yang paling populer. Dua motif batik tersebut adalah Truntum dan Parang Kusumo. Batik Truntum adalah batik dengan motif bunga-bunga kecil yang membentuk pola besar sedangkan batik Parang Kusumo adalah motif batik motif diagonal yang ditulis dari bawah ke atas danbiasa digunakan oleh bangsawan Solo. Motif ini menkamukan bahwa pemakainya masih merupakan keturunan raja.

  1. Wisata Kereta Uap
  Keunikan lain dari kota Solo adalah wisata kota yang dimilikinya. Salah satunya adalah wisata Kereta Uap. Lokomotif yang merupakan buatan Jerman tahun 1896 ini masih berfungsi dengan baik dan menaikinya merupakan pengalaman menyenangkan dalam menikmati keindahan kota Solo.
  Lokomotif ini biasa beroperasi daari stasiun Purwosari sampai dengan stasiun Kota dimana selama perjalanan, kamu dapat melihat beragam bangunan khas dan menarik yang ada di kota Solo seperti Loji Gandrung, Keraton, dan Gladak.
Kereta Uap Kota Solo. Gambar: Merdeka.com

  1. Makanan Tradisional Kota Solo
  Kota Solo adalah salah satu kota surga bagi pecinta kuliner, terutama kuliner tradisional. Di kota ini, ada banyak makanan tradisional yang tidak bisa kamu temui di kota-kota lain. Beberapa makanan tradisional kota Solo tersebut adalah Gudeg Ceker, Sate Buntel, Nasi Timlo, Tahu Kupat, Srabi Notosuman, Sambal Tumpang Pecel, Cambuk Rambak, Tahok Pak Citro Pasar Gede, Susu Shi Jak, dan yang lainnya.

  1. Nama Awal Bandara Adi Sumarmo
  Bandara Adi Sumarmo adalah Bandar Udara bertaraf Internasional yang ada di kota Solo. Namun, tahukah kamu? Dulu Bandar Udara Internasional ini bernama “Panasan”.

  1. Kebun Binatang Jurug
  Fakta menarik dari kota Solo selanjutnya adalah Kebun Binatang Jurug. Kebun binatang ini sangat spesial karena merupakan salah satu kebun binatang terbesar dan tertua yang ada di Indonesia.

  1. Memiliki Banyak Taman
  Kota Solo memiliki banyak taman yang indah dan asri. Tidak hanya itu, ditaman ini terkadang juga digelar beberapa pertunjukan seni yang bisa kamu saksikan seperti pegelaran musik dan wayang orang. Beberapa taman yang ada di kota Solo tersebut adalah Taman Balekambang, Taman Sekartaji, dan Taman Sriwedari.
Taman Balekambang. Gambar: tribunnews.com


  1. Dihuni Banyak Suku
  Walaupun kota Solo merupakan kota yang ada di Jawa Tengah dan memegang erat budaya Jawa, siapa sangka dikota ini juga terdapat penduduk yang beretnis Tionghoa dan Arab.

  1. Kecamatan Terpadat di Solo
  Kota Solo terdiri dari 5 kecamatan dimana Kecamatan Jebres dan Kecamatan Lawengan/Laweyan adalah kecamatan yang cukup padat yang masing-masing terdiri dari 11 kelurahan.

  1. Wilayah Terkecil No.13
  Kota Solo merupakan kota dengan tingkat populasi yang cukup banyak. Yaitu no.22 dari 93 daerah otonom dan 5 kota Administrasi yang ada di Indonesia. Namun walaupun seperti itu, kota Solo merupakan salah satu kota dengan wilayah terkecil no.13 yang ada di Indonesia.

  1. Julukan kota Surakarta
  Kota Surakarta memiliki beberapa julukan yang biasa ditujukan untuknya. Beberapa julukan itu adalah Kota Batik, Kota Liwet, dan Kota Budaya.

  1. Hari jadi kota Surakarta
  Fakta menarik dari kota Solo yang terkahir adalah hari jadi kota ini. Tidak banyak yang mengetahui bahwa hari jadi kota Surakarta adalah 17 Februari 1745.


  Itulah 18 fakta menarik kota Solo yang harus kamu ketahui jika kamu ingin berkunjung kekota ini. Jika kamu ada tambahan lain atau kritik dan saran dari 18 fakta menarik dari kota Solo ini, silahkan tuliskan di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat.


Sayanusantara.





Referensi:
https://medium.com/@nanangrifai/fakta-menarik-tentang-solo-surakarta-70e67564a3af
https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Surakarta
https://lifestyle.okezone.com/read/2015/04/27/406/1140492/solo-punya-tiga-fakta-menarik-bikin-penasaran
http://sejutafakta.blogspot.co.id/2015/11/fakta-kota-solo-surakarta-jawa-tengah.html


No comments:

Post a Comment

Terbaru

13 Fakta Kerajaan Majapahit: Ibukota, Agama, Kekuasaan, dan Catatan Puisi

  Pendahuluan Sejarah Kerajaan Majapahit memancarkan kejayaan yang menakjubkan di Nusantara. Dalam artikel ini, kita akan menyelami 20 fakta...