Ampo, Kuliner Tanah Bakar Yang Kaya Manfaat.

Kita semua sudah tahu bahwa tanah Nusantara adalah tanah yang sangat kaya mulai dari sumber daya alam sampai dengan kuliner. Ada berbagai macam jenis kuliner yang bisa kita temukan di tanah Nusantara. Mulai dari yang berbahan dasar tumbuhan, hewan, ataupun tanah tempat tumbuhan dan hewan biasa berada. Dan salah satu makanan tradisional asli Tanah Nusantara yang menjadikan tanah sebagai bahan dasar utamanya. Mereka dikenal dengan nama Ampo.
Mungkin Ampo, bagi sebagian orang bukanlah sebuah nama yang asing. Terutama jika itu menyangkut masalah kuliner. Tapi ternyata bagi kita yang baru mendengarnya, mungkin kita akan terkejut tidak menyangka bahwa ada daerah di tanah Nusantara yang kegemarannya memakan tanah.
Ada beberapa daerah yang mengenal Ampo dengan baik. Seperti misalnya di Jawa Barat, Jawa Tengah, ataupun Jawa Timur. Namun walaupun seperti itu, Ampo biasanya lebih sering dikaitkan dengan daerah Tuban, Jawa Timur.
Ampo. Gambar: Kaskus

Masyarakat Tuban sudah sangat dekat dengan Ampo. Bahkan bagi mereka, Ampo adalah salah satu makanan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mereka. Seperti misalnya mendinginkan perut dan dipercaya dapat menguatkan sistem pencernaan didalam tubuh.
Jika dilihat sekilas, mungkin kita akan kesulitan saat pertama kali melihat bentuk dari Ampo itu. Karena bentuknya yang sangat mirip dengan wafer cokelat. Manis, lezat, dan membuat kita ingin segera menyicipi.
Walaupun tanah liat menjadi bahan utama dari pembuatan Ampo, nyatanya tidak semua tanah dapat dijadikan bahan dasar Ampo. Terdapat beberapa kriteria khusus yang harus di perhatikan sebelum menjadikan tanah liat sebagai Ampo. Salah satunya adalah kebersihan. Mungkin kita akan berfikir, ‘emang tanah yang bersih itu kayak gimana sih?’
Tanah liat atau lempung yang dijadikan Ampo biasanya diambil dari tempat khusus. Tidak bisa diambil dari sembarang tempat. Terlebih jika tempat itu pernah menjadi tempat berpijak hewan ternak. Selain itu, lempung yang dijadikan Ampo juga harus terbebas dari krikil, pasir, ataupun batu, serta bertekstur lembut.
Banyak orang yang menyangsikan kesehatan dari Ampo. Mereka meyakini bahwa tanah tetap merupakan sesuatu yang kotor. Terlebih itu merupakan tempat dari berbagai macam parasit berada. Namun hal berbeda ternyata dirasakan oleh masyarakat Tuban yang sedari kecil sudah mengenal Ampo. Mereka semua baik-baik saja. Bahkan banyak ibu- ibu hamil yang hobi memakan Ampo ini.
Cara pembuatan Ampo tergolong mudah dan dapat dibuat oleh siapa saja. Namun tetap saja, tanah yang di jadikan bahan dasar utamanya tidak bisa berasal dari sembarang tanah.
Lempung yang sudah dikumpulkan dalam satu wadah diolah seperti layaknya kita membuat kue dengan bantuan tambahan air sedikit demi sedikit hingga akhirnya adonan menjadi tidak lengket di tangan. Setelah itu, adonan beberapa kali di tumbuk dengan alat semacam palu besar yang biasanya terbuat dari kayu guna melembutkan tekstur adonan.
Ampo. Gambar: Kaskus
Adonan yang sudah lembut kemudian di cetak kedalam wadah berbentuk kotak untuk selanjutnya di serut atau di kikir dengan menggunakan pisau dari bilah bambu. Hasil kikiran itu kemudian akan menggulung seperti layaknya wafer cokelat yang biasa kita makan. Tapi tunggu, adonan ini belum bisa dimakan karena kita akan melewatkan satu proses lagi. Yaitu diasapi diatas tungku yang dibakar dengan menggunakan kayu bakar.
Ampo adalah salah satu bukti bahwa tanah Nusantara adalah benar- benar tanah tempat anugerah Sang Pencipta tercurahkan. Karena dari sisi manapun kita melihat, kearah manapun kita menghadapkan wajah, selalu ada nikmat Tuhan disana. Hanya saja tidak semua dari kita dapat menyadarinya. Seperti misalnya Ampo ini, lempung yang dapat dimakan.
Kekayaan alam Nusantara sudah sangat terkenal sejak dahulu kala dikalangan saudagar dunia. Mulai dari mereka yang berasal dari timur ataupun dari barat. Bahkan tidak jarang mereka saling berlomba untuk mendapatkan hasil yang sebesar- besarnya dari tanah Nusantara dengan mencoba memilikinya secara utuh. Walaupun ternyata pada akhirnya mereka gagal.
Ada banyak factor yang menjadikan tanah Nusantara tidak jatuh dalam genggaman bangsa lain. Salah satunya adalah karena bangsa Nusantara adalah bangsa yang kuat dan besar. Jadi sangat disayangkan jika upaya mempertahankan tanah Nusantara yang sejak dahulu dilakukan oleh para pendahulu kini menjadi sia- sia karena banyak dari generasi mudanya yang lebih kagum dengan kebudayaan bangsa lain. Ampo adalah bukti kekayaan tanah Nusantara yang tidak dimiliki oleh bangsa lainnya di dunia ini.


Sayanusantara



Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Ampo
http://www.telusurindonesia.com/ampo.html#



No comments:

Post a Comment

Terbaru

13 Fakta Kerajaan Majapahit: Ibukota, Agama, Kekuasaan, dan Catatan Puisi

  Pendahuluan Sejarah Kerajaan Majapahit memancarkan kejayaan yang menakjubkan di Nusantara. Dalam artikel ini, kita akan menyelami 20 fakta...